Bedanya 1688.com dengan Alibaba.com?


1688.com sebenarnya sama seperti Alibaba.com, tetapi semuanya dalam bahasa China, dan untuk pasar domestik di China. Beberapa produk dipercaya dapat ditemukan penawaran yang lebih baik di pemasok/seller di 1688.com.

Tetapi apakah itu benar-benar terbukti?
Dan bila memang pemasok 1688.com benar-benar menawarkan harga yang lebih rendah, bagaimana cara proses transaksi dan pembayarannya? Jika belum mempunyai lisensi import bagaimana?

Apa itu 1688.com?
1688.com adalah direktori pemasok B2B yang dimiliki oleh Alibaba Group. Sama seperti Alibaba.com, 1688.com adalah portal tempat Anda dapat menemukan direktori pabrik/pemasok, barang grosir dan perusahaan perdagangan lainnya, di hampir semua sektor industri.

Jadi mengapa itu disebut 1688.com, dan bukan Alibaba.cn saja yah? Dalam bahasa Cina, 1688 dibaca sebagai "Yao Liu Ba Ba", yang terdengar seperti Alibaba. Unikkan pemilihan namanya. Sangat tipikal kesukaan orang Asia yah :)

Kalo getu apa perbedaan antara 1688.com dan Alibaba.com?
Perbedaan antara keduanya adalah bahwa 1688.com khusus untuk perdagangan domestik dalam negeri China. Alibaba.com diawal launching memang telah difokuskan pasa pasar ekspor sejak hari pertama pembukaan portanya.

Inilah sebabnya mengapa 1688.com berbahasa Mandarin, sedangkan Alibaba.com dalam bahasa Inggris, dan memiliki terjemahan dalam bahasa Prancis, Spanyol, dan bahasa utama lainnya.

Apakah 1688.com untuk grosir atau pabrik?
1688.com tidak terbatas pada grosir atau pabrik saja. Sebagai gantinya, Anda dapat menemukan jenis pemasok yang sama di sini, seperti yang Anda temukan di Alibaba.com.

Banyak pemasok sebenarnya memiliki halaman perusahaan di kedua Alibaba.com dan 1688.com.

Satu untuk pembeli internasional, dan satu untuk yang domestik.

Dapatkah saya menemukan produk yang lebih murah di 1688.com?
Banyak importir percaya bahwa pemasok Cina menawarkan harga lebih rendah dan kompetitif kepada pembeli domestik. Ini sering benar, tetapi pemasok/seller cenderung mengutip harga yang lebih tinggi kepada pelanggan Eropa dan Amerika, karena alasan kualitas.

Pemasok Cina tahu bahwa mereka tidak dapat menjual kualitas yang sama di luar negeri, sebagaimana yang mereka dapat lakukan untuk beberapa pelanggan lokal.

Jika Anda mengirimkan spesifikasi produk yang sama ke pemasok di Alibaba.com, seperti yang Anda lakukan di 1688.com, Anda tidak perlu mengutip harga yang lebih tinggi pada yang sebelumnya.

Dengan demikian, Anda tidak dapat berasumsi bahwa Anda akan mendapatkan penawaran yang lebih rendah dari pemasok 1688.com.

Bagaimana cara saya berkomunikasi dengan pemasok?
Pemasok menjual barang di 1688.com karena mereka ingin menjual produk di pasar domestik. Pabrikan dan pedagang grosir di dalam negeri jarang memiliki karyawan yang dapat berbahasa Inggris yang mengoperasikan akun 1688 mereka.

Jika Anda ingin menghubungi 1688 pemasok, Anda membutuhkan agen, atau belajar mandarin. Nah, ini yang bikin repot bila kita mau bertransaksi sendiri di web 1688.com.

Pemasok Alibaba.com, di sisi lain, hampir selalu memiliki perwakilan penjualan berbahasa Inggris mengoperasikan akun mereka. Ini adalah kelebihan dari web Alibaba.com.

Bagaimana cara membayar pemasok?
Seseorang dapat mengatakan bahwa sistem keuangan China masih transaksi dengan rekening bank perusahaan standar di China hanya memegang mata uang lokal, Renminbi (RMB).

Rekening RMB dapat menerima USD, tetapi ini membuatnya dihitung sebagai 'transaksi domestik'. Oleh karena itu, tidak ada rabat ekspor, yang dapat mengurangi 17% dari harga pabrik.

Sebaliknya, perusahaan yang berfokus ekspor perlu membuka rekening bank terpisah untuk menerima dolar AS. Ini adalah rekening bank yang Anda bayar saat mengirim uang ke pemasok Anda.

Tetapi bagaimana jika pemasok tidak pernah mengekspor produk sebelumnya?

Jika demikian, mereka mungkin bahkan tidak memiliki rekening bank USD, dan karenanya tidak dapat menerima USD.

Apakah pemasok terdaftar 1688.com memiliki lisensi ekspor?
Di Cina, perusahaan harus mendapatkan lisensi ekspor sebelum mereka dapat mengirimkan barang ke luar negeri. Lisensi ini tidak diperoleh atas dasar pesanan, tetapi berlaku untuk beberapa tahun.

Banyak pemasok, terutama yang lebih besar, cenderung beroperasi baik di pasar domestik di Cina, dan mengekspor ke negara lain. Para pemasok ini, secara alami, memiliki lisensi ekspor.

Namun, pemasok ini juga cenderung terdaftar di Alibaba.com.

Pemasok 1688.com yang hanya fokus pada pasar domestik tidak perlu mengajukan permohonan, dan mempertahankan, lisensi ekspor.

Ada beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan akan lisensi ekspor.

Misalnya, pemasok 1688 dapat menggunakan Agen ekspor. Tetapi saya ragu bahwa banyak 'pemasok domestik' mau repot dengan semua dokumen tambahan untuk satu pelanggan.

Apakah ada Agen Pembelian 1688.com?
Jika Anda benar-benar ingin membeli produk dari 1688, ada bantuan untuk mendapatkannya.

Ada beberapa ‘Agen Pembelian 1688.com’ yang dapat membantu Anda dengan hal-hal berikut:
  • Mengkoordinasikan pengiriman
  • Kelola pembayaran (dari USD/IDR ke RMB)
  • Kelola prosedur ekspor
  • Sebagian besar membebankan komisi, mulai dari 1 hingga 3%.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus menindaklanjuti dengan pemeriksaan kualitas, dan memastikan Anda tidak membayar semuanya di muka yah.

PT. BLINK PRIMA MANDIRI menjadi SOLUSI jasa titip pembelian di 1688.com.

Untuk info dan pembahasan lebih lanjut, silahkan hub kami di:
Yuanita / Overseas Coordinator
Mobile: +628999002215
E-mail: yuanita@blinkprimamandiri.com
WeChat: yuyun8666

www.blinkprimamandiri.com

Blink Indonesia

1 comment:

Instagram