Apakah Anda Tahu Perbedaan Antara LCL & FCL


FCL (Full Container Load) dan LCL (Less Container Load) adalah istilah yang digunakan dalam transportasi angkutan laut internasional. FCL dan LCL berbeda baik dengan definisi dan praktik.

Jika kebutuhan Anda adalah mengangkut kargo dengan ukuran kecil yang tidak dapat dikirim melalui kantor pos biasa – namun biaya pengiriman udara sudah sangat tinggi untuk barang paket semacam itu – dan untuk mengangkut seluruh kontainernya masih terlalu kecil kapasitasnya, maka pengiriman kargo gabungan/kolektif yang Anda perlukan.

Jadi, berapa hitungan dimensi kargo sehingga diterima untuk pengiriman kolektif? Menurut standar dunia, jika volume kiriman tidak melebihi setengah volume kontainer (volume kontainer standar 20 kaki memiliki volume 33.2m3), kiriman gabungan - LCL diterapkan.

Okay, mari kita bahas lebih lanjut. Misalnya Anda menemukan barang yang menarik di web portal di China, dan Anda ingin membelinya – dan sekarang Anda perlu memikirkan bagaimana cara shipping-nya agar bisa sampai ke alamat Anda. Langkah berikutnya Anda merequest untuk pengirimannya, dan pihak kami (Blink Prima Mandiri) segera menghubungi agen kami di luar negeri di kota terdekat dari tempat pengiriman. Kami akan mengurus dan mengambil kargo dari penjual/seller yang Anda order dan mengirimkannya ke gudang perwakilan kami (warehouse). Di gudang ini, merupakan tempatnya pengiriman kontainer di seluruh dunia, termasuk ke negara-negara Eropa dan lainnya.

Untuk mengurus Cargo consolidation pastinya tidaklah segampang dan perusahaan atau perwakilan yang Anda percaya haruslah berpengalaman dibidangnya dalam mengatur semua proses transportation dan shipping. Hal ini diperlukan untuk mengendalikan quality control barang yang benar dan mengahandle pengiriman barang dengan baik, baik itu juga urusan dalam hal-hal yang berhubungan dengan dokumen pabean (bea cukai), serta urusan form pengiriman kontainer. Berikutnya yang perlu diperhatikan bahwa di negara tujuan pengirimannya kargo harus menjalani screening bea cukai dan pengurusan semua dokumen yang diperlukan untuk barang masuk. Dan selanjutnya kemudian pengantaran barang ke alamat yang ditentukan tepat ke penerima barang dengan baik.

Penggunaan LCL
Saat mengangkut kargo konsolidasi (consolidated cargo), Anda tidak perlu khawatir mengembalikan kontainer setelah pengiriman. Karena bersama dengan kargo Anda dalam kontainer terdapat barang pengirim barang lainnya yang diangkut, pengembalian kontainer merupakan urusan berikutnya dari container line. Pengirim LCL hanya perlu memperhatikan urusan dengan muatan kargo yang harus diangkut pengirimannya.

Perlu dicatat bahwa barang-barang berbahaya tidak pernah diterima untuk pengangkutan kargo konsolidasi –  yang mudah terbakar, mudah meledak, radioaktif, dll.)

Blink Group

No comments:

Post a Comment

Instagram